Kamis, 24 Februari 2011

Tips Mulai Latihan Muay Thai

Latihan muay thai sangat bagus untuk pembakaran lemak tubuh,mengapa?
Thai boxing adalah olahraga kontak fisik dengan intensitas cardio yang sangat tinggi.di bandingkan western boxing yang memiliki 12 sd 15 ronde, thai boxing hanya ada 5 ronde.namun tinggi nya tingkat aktifitas cardio kurang lebih sama selama pertandingan. Latihan Seorang muay thai figther mempersiapkan speed, power juga daya tahan stamina yang tinggi. 

Berikut adalah tips untuk memulai latihan muaythai:

1.Stretching,penting untuk menghindari cedera pada otot. Bila anda tidak pernah berolahraga sebelum nya tubuh akan kaget,tapi perlahan lahan seiring rutin nya latihan tubuh akan terbiasa.  Disaran kan sebelum nya perbanyak olahraga cardio seperti lari,sepeda,atau berenang.

2.Skipping. Skipping bagus bukan hanya untuk pemanasan tapi juga untuk body balance. sering seringlah berlatih skipping di tempat latihan atau di rumah.

3.Latihan muay thai tidak pakai sepatu. Peralatan maupun pakaian latihan muay thai sangat sederhana cukup celana pendek longgar seperti celana bola dan kaos yg tidak terlalu sempit,handwrap,dan boxing glove.

4.Handwrap digunakan untuk membungkus kedua tangan,untuk menghindari cedera seperti terkilir atau buku jari terluka.

5.Boxing Glove. Ini mungkin merupakan investasi yg paling mahal dalam muay thai training gear. Sepasang boxing glove yg bagus seperti merek Twins atau Kings bisa mencapai harga 800ribu sd 1,2juta.
Boxing glove terdiri dari 2 macam bag glove dan sparring glove.dimana bag glove di khususkan untuk punching bag dan pad training,sementara sparring glove untuk latihan sparring dan tanding.
Boxing/sparring glove tidak memiliki size namun diukur dengan berat Onz.

6. Perhatikan instruksi dari trainer anda untuk menghindari cedera.jangan memaksakan diri,konsultasi kan kondisi fisik dengan trainer anda sehingga tingkat latihan bisa di sesuaikan.juga jangan malu untuk bertanya kepada trainer anda tentang teknik berlatih yang benar.

2 komentar: